TEMPAT WISATA DI BALI DAN SEJARAHNYA

Keberadaan Pura di pulau dewata Bali dengan arsitektur yang sangat khas dan lokasinya ditempat yang tidak biasa, menjadikan pura memiliki daya tarik untuk wisatawan kunjungi saat liburan ke Bali. Salah satu Pura di Bali yang sangat terkenal sampai ke mancanegara adalah Pura Tanah Lot.

Mungkin sebagian dari pembaca pasti sudah pernah mendengar atau berkunjung ke obyek wisata Pura Tanah Lot. Keindahan sunset Tanah Lot Bali di sore hari, menjadi daya tarik utama wisatawan berlibur ke tempat wisata Tanah Lot Bali.

Pura Tanah Lot terletak di atas batu karang, dengan deburan ombak pantai yang menerpa karang dan juga beberapa goa kecil yang didalamnya dihuni beberapa ular berwarna belang putih hitam.

Ular belang putih hitam ini bagi masyarakat lokal disebut sebagai ular suci Tanah Lot Bali.

Disaat anda berwisata atau berencana mengunjungi objek wisata Tanah Lot Bali, pernahkah anda ingin mengetahui tentang sejarah berdirinya Pura Tanah Lot? Jika jawabannya iya, silakan di baca lebih lengkap tentang sejarah Tanah Lot Bali di bawah ini!

LOT BALI


SEJARAH TANAH LOT DI BALI



Sejarah Tanah Lot Bali Indonesia berdasarkan legenda, dikisahkan pada abad ke -15, Bhagawan Dang Hyang Nirartha atau dikenal dengan nama Dang Hyang Dwijendra melakukan misi penyebaran agama Hindu dari pulau Jawa ke pulau Bali.
Pada saat itu yang berkuasa di pulau Bali adalah Raja Dalem Waturenggong. Beliau sangat menyambut baik dengan kedatangan dari Dang Hyang Nirartha dalam menjalankan misinya, sehingga penyebaran agama Hindu berhasil sampai ke pelosok – pelosok desa yang ada di pulau Bali.
Dalam sejarah Tanah Lot, dikisahkan Dang Hyang Nirartha, melihat sinar suci dari arah laut selatan Bali. Maka Dang Hyang Nirartha mencari lokasi dari sinar tersebut. Tibalah beliau di sebuah pantai di desa yang bernama desa Beraban Tabanan.
Pada saat itu desa Beraban dipimpin oleh Bendesa Beraban Sakti, yang sangat menentang ajaran dari Dang Hyang Nirartha dalam menyebarkan agama Hindu. Bendesa Beraban Sakti, menganut aliran monotheisme.
Dang Hyang Nirartha melakukan meditasi diatas batu karang yang menyerupai bentuk burung beo yang pada awalnya berada di daratan. Dengan berbagai cara Bendesa Beraban ingin mengusir keberadaan Dang Hyang Nirartha dari tempat meditasinya.
Menurut sejarah Tanah Lot berdasarkan legenda Dang Hyang Nirartha memindahkan batu karang (tempat bermeditasinya) ke tengah pantai dengan kekuatan spiritual. Batu karang tersebut diberi nama Tanah Lot yang artinya batukarang yang berada di tengah lautan.
Semenjak peristiwa itu Bendesa Beraban Sakti mengakui kesaktian yang dimiliki Dang Hyang Nirartha dengan menjadi pengikutnya untuk memeluk agama Hindu bersama dengan seluruh penduduk setempat.
Dikisahkan di sejarah Tanah Lot, sebelum meninggalkan desa Beraban, Dang Hyang Nirartha memberikan sebuah keris kepada bendesa Beraban. Keris tersebut memiliki kekuatan untuk menghilangkan segala penyakit yang menyerang tanaman.
Keris tersebut disimpan di Puri Kediri dan dibuatkan upacara keagamaan di Pura Tanah Lot setiap enam bulan sekali. Semenjak hal ini rutin dilakukan oleh penduduk desa Beraban, kesejahteraan penduduk sangat meningkat pesat dengan hasil panen pertanian yang melimpah dan mereka hidup dengan saling menghormati.
TIKET MASUK TANAH LOT BALI
Untuk mencari lokasi Tanah Lot Bali sangatlah mudah tapi akan lebih mudah jika anda menggunakan peta di Google map. Mohon mengklik link, untuk melihat peta! Peta Lokasi Di Google Map.
Untuk tiket masuk ke objek wisata Tanah Lot, anda akan dikenakan Rp 10.000 / orang dan biaya parkir Rp 5.000 / mobil.
Berminat untuk wisata ke Tanah Lot Bali, tanpa perlu mengatur jadwal, transportasi dan biaya liburan? Cari tahu caranya di bawah ini!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
November 1, 2017 at 5:22 AM delete

Bingung mencari kendaraan?
Bingung menyewa kendaraan dimana?
Bingung mencari harga yang pas?
Share Trans solusinya.
Share Trans merupakan jasa penyewaan mobil online yang menghubungkan calon penyewa mobil dengan Rent Car atau Owner yang menyediakan kendaraan
Kontak Info 087865097776/08990151556 atau cek di website kami www.sharetrans.id

Reply
avatar